Tuesday 27 September 2016

laporan kadar air tanah dasar-dasar ilmu tanah



ABSTRAK


Kadar air tanah adalah perbandingan berat air yang terkandung dalam tanah dengan berat kering tanah tersebut. Untuk mengetahui kadar air tanah dalam hubungnnya dengan tanaman ada beberapa jenis kadar air, yaitu kadar air total, kadar air titik layu permanen, dan kadar air kapasitas lapang. Kadai air total adalah kadar air tanah yang didapat dari pengeringan tanah dalam oven dengan suhu 1050 C dalam waktu 24 jam sehingga bobotnya tinggi. Kadar air dalam titik layu permanenadalah jumlah air pada saat tanaman yang ditanam di atasnya mengalami layu permanen walaupun telah telah ditambah air yang cukup, tanaman tetap tidak terpengaruh. Kadar air kapasitas lapang adalah jumlah air yang dapat ditahan oleh tanah setelah kelebihan air yang meresap ke bawah akibat gaya grafitasi. Untuk menghitung kadar air ada dua cara yaitu caragrafimetrik yang dinyatakan dalam bentuk persen, dan cara volumetrik yang dinyatakan dalan volume. Pengamatan ini menggunakan cara grafimetrik dengan hasil pada cawan 1 berat tanah basah ditambah cawan 24,6 setelah di oven kadar airnya 16,28 %. Pada cawan 2 berat tanah ditambah cawan 24,7 setelah di oven kadar airnya 15,12%. Terdapat beberapa factor yang menpengaruhi kadar air tanah, antara lain pori mikro, iklim, vegetasi, bahan organic, tekstur tanah, dan struktur tanah.


I.                   PENDAHULUAN


1.1              Latar Belakang

Kadar air tanah adalah perbandingan berat air yang terkandung dalam tanah dengan berat kering tanah tersebut. Untuk mengetahui kadar air tanah dalam hubunganya dengan pertumbuhan tanaman, maka perlu diterapkan kadar air total, kapasitas lapang, dan titik layu permanen. Kadar air tanah total adalah kadar air tanah yang diperoleh dengan jalan pengeringan tanah kering udara di dalam oven dengan suhu 105°C hingga bobotnya tetap.

Kadar air tanah dalam kapasitas lapang adalah jumlah air yang ditahan oleh tanah setelah kelebihan air gravitasi meresap ke bawah karena gaya gravitasi. Sedangkan kadar air tanah dalam titik layu permanen adalah kandungan air tanah pada saat tanaman yang ditanam di atasnya telah mengalami layu permanen dalam arti sukar disembuhkan kembali meskipun telah ditambahkan sejumlah air yang mencukupi. Selisih antara kadar air pada kapasitas lapang dan titik layu permanen disebut air tersedia.

Kadar air tanah dapat dinyatakan dalam bentuk persen (%) berat tanah yang dikenal dengan kadar air gravimetrik dan dalam bentuk persen (%) volume tanah disebut kadar air volumetrik. Kadar air volumetrik sangat penting untuk perhitungan irigasi, drainase dan evapotranspirasi. Kadar air tanah gravimetrik berhubungan dengan kandungan air tanah volumetrik melalui kerapatan isi dan berat jenis air. Dalam praktikum ini, akan melakukan penentuan kadar air tanah total secara gravimetrik.


1.2  Tujuan Praktikum

Adapun tujuan dari praktikum ini sebagai berikut:
1.      Untuk menentukan kadar air tanah total secara gravimetrik dan volumetrik.
2.      Unutk mengetahui kadar air tanah dalam hubunganya dengan pertumbuhan tanaman.
3.      Untuk menentukan presentase kadar air terhadap volume tanah.



II.                TINJAUAN PUSTAKA


Air merupakan komponen utama tumbuhnya tanaman, bahkan hampir 90% sel tanaman atau tumbuhan dan mikroba terdiri dari air. Air yang diserap tanaman disamping berfungsi sebagai komponen sel-selnya juga berfungsi sebagai media reaksi pada hampir seluruh metabolisme yang apabila telah dipakai diuapkan melalui mekanisme transpirasi yang bersama-sama dengan pengupan dari tanah sekitarnya (evaporasi) disebut evapotranspirasi. Dalam memproduksi biomasa sangat banyak dibutuhkan air, tergantung pada jenis tanaman, biasanya untuk setiap Kg bobot kering biomasa yang diproduksi akan ditranspirasikan air sebanyak 500 Kg (nisbah transpisari 500). Manfaat air bagi tanaman bergantung pada kemampuan kita dalam meningkatkan peran yang menguntungkan dan menekan peran yang merugikan (Hanafiah, 2004).

Keadaan air yang tergantung di dalam tanah sangat perlu untuk diketahui, terutama tentang kedalaman dri tanah, baik secara musiman maupun bulanan. Tentang kedalaman permukaan air tanah biasa ditentukan melalui sumber-sumber air setempat, juga melalui lubang-lubang pengeboran air (Hakim, 1986).

Jumlah air yang ditahan oleh tanah dinyatakan atas dasar berat dan isi. Perbandingn berat air yang terkadung dalam tanah dengan berat kering tanah tersebut disebut juga kadar air tanah. Kadar air tanah digunakan untuk menghitung parameter sifat-sifat tanah. Di dalam tanah air berada di ruangan pori diantara padatan tanah. Jika tanah dalam keadaan jenuh, semua ruang pori tanah terisi oleh air, dalam keadaan ini jumlah air yang tersimpan dalam tanah merupakan jumlah air maksimum yang disebut kapasitas peyimpanan air maksimum (Harjadi, 1990).

Kapasitas air tersedia (air yang dapat diserap langsung tanaman) adalah air yang ditahan pada kondisi kapasitas lapang sehingga koefisien layu, namun semakin mendekati koefisien layu, tingkat ketersediaan makan rendah. Oleh karena itu, untuk menjamin tercukupnya kebutuhan tanaman, suplay air harus diberikan apabila 50-80% air tersedia ini telah habis terpakai (Hanafiah,2004).

Air tanah adalah air yang menempati rongga-rongga, dalam lapisan geologi. Lapisan tanah yang terletak di bawah permukaan air tanah dinamakan daerah jenuh sedangkan daerah tidak jenuh biasanya terletak di atas daerah jenuh sampai permukaan tanah, dimana rongga berisi air dan udara, karena air tersebut meliputi lengas tanah dalam daerah akar, maka hal ini mempunyai arti penting yang sangat penting bagi pertanian, botani dan ilmu tanah (Djajakirana, 1984).

Air tanah berfungsi sebagai pembawa unsur hara dalam tanah serta keseluruhan bagian tanaman. Kadar air selalu berubah sebagai respon terhadap faktor-fakror lingkungan dan gaya gravitasi. Karena itu contoh tanah dengan kadar air harus disaring, diukur dan biasanya satu kali contoh tanah akan dianalisis untuk penerapan suatu sifat (Hakim, 1986).

Jumlah air yang terdapat diabsorpsi oleh tumbuhan dipengaruhi oleh faktor tumbuhan dan iklim. Temperatur dan perubahan udara merupakan perubahan iklim dan berpengaruh pada efisiensi penggunaan air tanah dan penentuan air yang dapat hilang melalui saluran evaporasi permukaan tanah. Diantara sifat khas tanah yang berpengaruh pada air tanah yang tersedia adalah hubungan tegangan dan kelembapan, kadar garam, kedalaman tanah, strata dan lapisan tanah (Bukiman, 1982).

Karena jumlah air yang ditahan oleh tanah dinyatakan atas dasar berat dan isi, maka pada tanah alfisol dasar penentuanya adalah pengukuran kehilangan berat dari suatu contoh tanah yang lebih lembab setelah dikeringkan pada suhu 15°C selama 24 jam. Kadar air dihitung secara gravimetrik dengan satuan gr/gr, yaitu berat air yang terdapat di dalam suatu massa tanah kering (Pairunan,1985).

III.             METODOLOGI PERCOBAAN


3.1    Alat dan Bahan

Alat yang digunakan dalam praktikum ini adalah cawan alumunium, timbangan ketelitian 0,1 g, oven dan desikator.
Sedangakan bahan yang digunakan adalah contoh tanah.

3.2    Prosedur Kerja

Prosedur kerja yangdilakukan dalam praktikum ini adalah sebagai berikut :
Cawan tanpa tutup ditimbang, kemudian dimasukan contoh tanah sekitar 10 g dan ditimbang kembali.
Contoh tanah dikeringkan dalam oven pada suhu 105°C sampai bobot tetap
Botol didinginkan dan ditimbang
Kadar air tanah dihitung berdasarkan bobot tanah kering oven 105°C dengan persamaan yang telah ditentukan
Hasil
 

















Kadar air dihitung dengan persamaan sebagai berikut:
Bobot air = bobot air berisi tanah lembab – bobot botol berisi tanah kering 105°C
Bobot tanah kering 105°C = bobot botol berisi tanah kering 105°C – bobot botol

% Kadar air tanah =  x 100%




IV.             HASIL PENGAMATAN DAN PEMBAHASAN


4.1              Hasil Pengamatan

Hasil praktikum percobaan menghitung kadar air tanah adalah sebagai berikut:
Berat
NO
Cawan
Kosong
Cawan +
Tanah basah
Cawan +
Tanah kering
Tanah
Basah
Tanah
Kering
Kadar
Air
                                                         (g)                                                  (%)
C1
C2
14,6
14,8
24,6
24,7
23,2
23,4
10
10
8,6
8,6
16,28
15,12


4.2              Pembahasan

Dari praktikum yang dilakukan, diperoleh hasil tanah kering 8,6g yang sebelumnya tanah bermassa 10g dan menghasilkan cawan + tanah kering 23,2 g dan 23,4 g yang sebelumnya cawan + tanah basah 24,6 g dan 24,7 g.
Mula – mula dilakukan penimbangan cawan I yang menghasilkan massa 14,6 g dan cawan II 14,8 g. Kedua cawan ini memiliki bobot yang berbeda karena cawan yang memiliki bobot lebih rendah dia lebih sering digunakan sebagai wadah untuk droven sehingga mengalami penyusunan bobot.
Kemudian menimbang tanah masing – masing 10 g dan kemudian dimasukan kedalam cawan I dan cawan II dan selanjutnya ditimbang kembali. Cawan I berisi tanah memiliki bobot 24,6 dan cawan II berisi tanah memiliki bobot 24,7 g. Selanjutnya tanah dioven pada suhu 105°C selama 24 jam.

Setelah tanah dioven selama 24 jam, cawan I dan cawan II yang berisi tanah didinginkan di dalam desikator kemudian cawan ditimbang. Setelah ditimbang, cawan I yang berisi tanah kering memiliki bobot 23,2 g sedangkan cawan II yang berisi tanah kering memiliki bobot 23,4 g. Sehingga didapatlah bobot tanah kering masing- masing 8,6 g yang sebelumnya tanah berbobot 10 g. Selanjutnya dihitung % kadar air tanah pada cawan I dan cawan II. % kadar air tanah pada cawan I yaitu 16,28 % dan pada cawan II 15,12%. Sehingga kadar air tanah pada cawan I lebih besar dari pada cawan II.

Untuk mengetahui kadar air tanah dalam hubungannya dengan pertumbuhan tanaman ada beberapa jenis, yaitu kadar air tanah dalam keadaan kadar air total, kapasitas lapang dan titik layu permanen.
Kadar air total tanah adalah kadar air tanah yang didapat dari pengertian tanah di dalam oven dengan suhu 105°C dalam waktu 24 jam, sehingga bobotnya tetap tinggi.

Kadar air tanah dalam keadaan kapasitas lapang adalah jumlah air yang dapat ditahan oleh tanah setelah kelebihan air meresap ke bawah akibat gaya gravitasi.
Sedangkan kadar air tanah dalam titik layu permanen adalah jumlah air tanah atau kandungan air tanah pada saat tanaman yang ditanam diatasnya mengalami layu permanen walaupun telah ditambah sejumlah air yang menutupi untuk tanaman.
Karena air merupakan komponen utama tumbuhnya tanaman, maka kadar air yang terkandung di dalam tanah perlu untuk diketahui, terutama kedalaman dari tanah, bahkan faktor – faktor yang mempengaruhi kadar air tanah.

Faktor –faktor yang mempengaruhi kadar air tanah tersebut adalah sebagai berikut:
1.      Pori mikro
Pori mikro berkaitan dengan porositas tanah yakni proporsi ruang pori total yang terdapat dalam satuan volume tanah yang dapat ditempati oleh air dan udara. Sehingga tanah yang cukup mempunyai ruang pori untuk pergerakan air dan udara masukkeluar tanah secara leluasa bersifat porous, jadi semakin tinggi ruang pori mikro atau semakin porous tanah maka kadar air dalam tanah semakin tinggi.
1.      Iklim
Iklim ini berkaitan dengan suhu, panjang hari atau lama penyinaran, kelembaban dan curah hujan. Ketika suhu udara meningkat, maka terjadi evaporasi yang besar pula maka kadar air dalam tanah menurun. Oleh karena itu pada saat musim panas tanaman harus sering disiram supaya kebutuhan air tercukupi. Sama halnya dengan suhu, panjang hari atau lama penyinaran suatu daerah akan mempengaruhi suhu didaerah tersebut, maka jika lama penyinaran atau panjang hari lama, maka suhu pun meningkat sehingga evaporasi juga meningkat dan ini berpengaruh terhadap kadar air tanah yang semakin menurun.
Jika disuatu daerah tersebut lembab, maka secara otomatis suhu ditempat tersebut turun, jadi evaporasi yang terjadi tidak meningkat sehingga kadar air tanah tinggi.
Begitupun curah hujan, jika curah hujan tinggi, maka kadar air dalam tanah juga tinggi dan begitupun sebaliknya jika curah hujan rendah maka kadar air dalam tanah juga rendah.
2.      Vegetasi dari tanaman yang ada di atas tanah
Jika vegetasi di atas tanah banyak dan bermacam-macam, maka tanaman tersebut pasti  mengugurkan daunya dan kemudian mebusuk menjadi bahan organik tanah. Sehingga ketika bahan organik yang terdapat dalam tanah tinggi, maka kadar air dalam tanahpun tinggi, begitupun sebaliknya.
3.      Bahan Organik
Sama halnya dengan vegetasi, bahan organik tanah dipengaruhi oleh vegetasimaka jika bahan organik tinggi, maka kadar air tanah juga tinggi.
4.      Tekstur Tanah
Tesktur tanah merupakan komposisi dari pasir, debu dan liat. Pada tanah bertekstur pasir lebih tinggi, maka kadar air tanah lemah atau sedikit. Sedangkan pada tanah dengan tekstur debu dan liat yang dominan atau tinggi, maka kadar air tanah juga tinggi.
5.      Struktur Tanah
Kaitanya dengan kadar air tanah, ditetapkan 3 konsistensi yaitu tanah dalam keadaan lembab dibedakan dalam konsistensi gembur sampai teguh, tanah keadaan kering dibedakan dalam konsistensi lunak sampai keras, dan tanah keadaan basah dibedakan plastisitasnya yaitu dari plastis sampai tidak plastis atau kelekatanya yaitu dari tidak lekat sampai lekat. Jadi semakin porous tanah atau remah suatu tanah, maka kadar airnya semakin tinggi.



V.                KESIMPULAN


Dari percobaan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa:
1.      Kadar air tanah pada cawan I sebesar 16,28%, sedangkan pada cawan II 15,12%.
2.      Selisih kadar air tanah pada percobaan cawan I lebih tinggi daripada kadar air tanah cawan II.
3.      Kadar air tanah dalam kaitanyadengan pertumbuhan tanaman sangat penting karena setiap tanaman memerlukan jumlah air yang berbeda-beda, maka perlu mengetahui kadar air dalam tanah.
4.      Kadar air tanah dipengaruhi oleh faktor iklim, faktor pori mikro dalam tanah, faktor vegetasi, bahan organik, tekstur dan struktur.
5.      Dalam kadar air tanah terdapat kadar air total, kadar air tanah dalam kapasitas lapang dan kadar air tanah dalam keadaan titik layu permanen.


DAFTAR PUSTAKA


Bukiman and Brady. 1982. Dasar-dasar Ilmu Tanah. Diterjemahkan oleh
Jayadiningrat. ITB Bandung.
Djajakirana, G. 1984. Dasar-dasar Ilmu Tanah. IPB Press. Bogor.
Foth, H.D. 1984. Dasar-dasar Ilmu Tanah. Diterjemahkan oleh Endang, D.P, Dkk. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.
Hakim. 1986. Bahan Ajar Dasar-dasar Ilmu Tanah. Erlangga. Jakarta.
Hanafiah, K.A. 2004. Dasar-dasar Ilmu Tanah. Grafindo Persada. Jakarta.
Harjadi, W. 1990. Ilmu Kimia Analitik Dasar. Gramedia. Jakarta.
Pairunan. 1985. Sifat dan Pengolahan Tanah Tropik. Gajah Mada Universitas
Press. Yogyakarta.












LAMPIRAN


PERHITUNGAN

C I
Bobot air tanah = cawan berisi tanah lembab – cawan berisi tanah kering
                          = 24,6 – 23,2
                          = 1,4 g

Bobot Tanah kering 105°C = Cawan berisi tanah kering – bobot cairan
                                            = 23,2 – 14,6
                                            = 8,6 g

% Kadar air tanah = x 100%
                              = X 100%
                              = 16,28 %

C II
Bobot air = Cawan berisi tanah lembab – cawan berisi tanah kering 105°C
                = 24,7 – 23,4
                = 1,3 g
Bobot tanah kering 105°C = cawan berisi tanah kering – b. Cawan
                                           = 23,4 – 14,8
                                           = 8,6
% kadar air tanah =  x 105°C
                             = X 100 %
                             = 15, 12 %



Acc 5 Oktober 2013
Kelompok 2

Bobot air = bobot cawan tanpa tutup berisi tanah lembab – bobot cawan tanpa tutup berisi tanah kering 105o
Bobot tanah kering 105o C = bobot cawan berisi tanah kering 105o – bobot cawan
% kadar air tanah =

Tabel pengamatan praktikum
No
Berat
kadar air
Cawan kosong
Cawan + tanah basah
Cawan + tanah kering
Tanah basah
Tanah kering

(g)
(%)
1
C1
24,6
23,2
10
8,6

2
C2
24,7
23,4
10
8,6


Pembahasan:
1.      Hasil pengamatan dihubungkan dengan teori yang anda ketahui
2.      Bahas jenis-jenis kadar air
3.      Factor-faktor yang mempengaruhi kadar air


Asisten,
Gede Adi Suryabrata
NPM 1114121092













KADAR AIR TANAH

1 comment:

  1. Online Slots Provider Review - Wooricasinos
    The 월드벳 software provider, 토토사이트모음 NetEnt, has been in business since 2001. 가입머니 지급 사이트 This includes 야동 사이트 순위 several top-tier products such as online slots, live dealer games, 브라 밝기조절 bingo and

    ReplyDelete